Tips Cara Mengganti Seal CVT Motor Matic Dengan Mudah – Tampilan yang feminim dan lebih unik adalah motor matic. Motor matic pada dasarnya dirangcang khusus menggunakan teknologi CVT atau (Continuously Variable Transmission). Salah satu sistem transmisi otomatis yang memakai perangkat pully dan sabuk baja selaku komponen dasar penggerak dasar transmisi. Transmisi type CVT seperti ini, biasanya melakukan perubahan gigi rasio yang menyesuaikan dengan putaran mesin itu sendiri. Dan untuk kelebihan dari sistem transmisi CVT ini, sehingga kita tak usah ribet lagi untuk menggoper-oper gigi ketika saat mengendarai motor matic tersebut.

tips-cara-mengganti-seal-cvt-motor-matic-dengan-mudah

Namun servic CVT pada motor matic mungkin sebenarnya disarankan maksimal dalam 6 bulan ataupun 6ribu km, hal ini dimaksudkan supaya kondisi bagian CVT tidak cepat mudah aus serta akselerasi motor pun tetap terjaga maksimal. Kemudian dengan perawatan yang intensif dan panten maka komponen yang berada didalam sel CVT tersebut tidak akan cepat aus dan rusak.

Jika Anda menemukan masalah pada komponen sistem transmisi CVT tersebut, entah itu aus ataupun rusak, sebaiknya Anda segera langsung menggantinya dengan yang baru. Sedangkan untuk cara menggantinya pun terbililang cukup susah, karena harus dengan keahlian khusus mekanik. Lantas bagaimana cara untuk membongkar dan memasang sel CVT pada motor matic? Nah untuk urusan bongkar dan memasang transmisi CVT, Anda bisa lihat toturialnya berikut ini:

Cara Menggati Komponen Transmisi CVT Dengan Mudah

  1. Sedangkan untuk langkah yang pertama silahkan Anda buka cover cvt dengan menggunakan kunci shock 8
  2. Setelah itu buka pulley primer dengan memakai kunci ring atau kunci shock 22, lalu tahan pada bagian dalam pulley dengan menggunakan baut
  3. Sesudah itu lepaskan face drive dan face comp. Lalu buka mur driven pulley atau (pulley belakang) dengan menggunakan kunci shock 19 dan alat penahan pulley
  4. Selanjutnya buka outer comp clutch lalu kendorkan mur kopling, dan ingat! jangan sampai terlepas, kemudian kendorkan dengan kunci mur kopling 39 dan juga ditahan dengan alat penahan pulley
  5. Kemudian lepaskan pulley sekunder serta belt lalu tahan per kopling dengan memakai alat penahan per kopling
  6. Lalu buka mur kopling dengan memakai tangan dan tidak mesti menggunakan kunci sebab sebelumnya telah dikendorkan dilangkah kelima.
  7. Apabila komponen sistem CVT sudah dibuka semua, kemudian bersihkan satu per satu, buat permukaan pulley yang mungkin bersinggungan dengan belt kopling dan rumah koplin, sebaiknya jangan dibersihkan dengan menggunakan bensin, Anda cukup membersihkan dengan lap kering bersih
  8. Berikutnya untuk komponen yang sudah aus sebaiknya Anda ganti dengan memakai part yang baru supaya performa mesinya tetap terjaga maksimal.
  9. Dan untuk yang terakhir bisa Anda perhatikan pada proses pembongkarannya, maka proses pemasangannya pun akan lebih mudah.
  10. Kemudian selesai deh.

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Tips Cara Mengganti Seal CVT Motor Matic Dengan Mudah. Semoga apa yang kami jelaskan di atas bisa bermnfaat dan juga bisa membantu Anda ketika saat Anda bermasalah dengan motor matic yang Anda miliki. Terima kasih atas kunjungannya sampai jumpa lagi di lain waktu.