Tips Cara Mengecek Pulser Motor Yang Rusak Dengan Benar – Selamat datang kembali di situs otomotifstyle.com, hari ini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai Tips Cara Mengecek Pulser Motor Yang Rusak Dengan Benar.┬áSeiring berjalan-nya waktu, CDI dan Pulser pada sebuah kendaraan pastinya akan mengalami kerusakan juga. Mungkin kita sudah mengetahui apabila pulser dalam sebuah part pastinya mempunyai peran vital pada salah satu kendaraan baik itu beroda dua maupun beroda empat. Ketika saat pulser sedang bermasalah atau mati biasanya sering ditandai dengan gejala mesin motor yang susah dinyalakan atau mogok. Akan tetapi pada dasarnya, untuk kasus pulser yang sudah mengalami bermasalah biasanya gejela tersebut sering ditandai dengan melemah-nya pulser serta membikin mesin sulit dihidupkan, dan masalah-nya mungkin hampir sama dengan gejala CDI. Apabila masalah-nya tidak terlalu besar, maka mesin motor tersebut masih bisa dinyalakan namun agak berat lari-nya. Dan untuk masalah tersebut, biasa-nya terjadi pada putaran atas dan bawah RPM.

tips-cara-mengecek-pulser-motor-yang-rusak-dengan-benar

Nah, apabila kumparan pada bagian komponen pulser sudah mati dan bisa dipastikan tidak ada harus listrik serta membikin mesin motor susah dinyalakan, maka penyebab-nya adalah karena CDI tidak menerima perintah waktu kapan harus memercikan kembang api. Kemudian adakah cara mengecek Pulser yang baik dan benar.? Cara mengecek pada komponen pulser merupakan hal yang perlu dilakukan apakah masalah mesin susah dinyalakan di bagian pulser atau malah pada bagian komponen lain-nya. Seiring berjalan-nya waktu, CDI dan Pulser pada sebuah kendaraan pastinya akan mengalami kerusakan juga. Maka pada perjumpaan kali ini kami akan mengajak Anda semua-nya untuk melihat bagaimana cara mengecek Pulser sepeda motor yang benar dan baik.

Cara mengecek pulser sepeda motor yang rusak, bisa dilakukan dengan cara mencopot pulser yang bermasalah serta mengganti-nya dengan pulser yang baru, sedangkan untuk pulser yang baru tersebut bisa kita dapatkan dari kendaraan orang lain yang mungkin tidak bermasalah dengan Pulser-nya, akan tetapi cara ini memang cukup merepotkan bagi kita. Cara yang akan kami bagikan untuk kali ini adalah memanfaatkan avometer supaya untuk mengecek apakah komponen pulser masih dalam kondisi baik atau tidak baik. Daripada membikin Anda penasaran, yuk mari kita simak penjelasan-nya berikut ini.

  1. Langkah yang pertama siapkan alat-alat seperti avometer yang berfungsi untuk mengecek arus suatu komponen.
  2. Jika sudah, maka silahkan setel avometer dengan cara memutar selector pada pilihan ohm meter skala x10 bisa juga x100.
  3. Selanjutnya tempelkan probe berwarna merah dan hitam ke bagian terminal pulser.
  4. Dan untuk langkah yang terakhir amatilah apakah ada pergerakan pada jarum avometer yang menuju di angka 400 ohm maka kondisi pulser dalam kondisi baik, namun jika kurang dari 400 ohm maka pulser harus diganti dengan yang baru.

Apabila Anda tidak mempunyai avometer sendiri, maka Anda bisa meminjam-nya ke orang yang mempunyai avometer atau juga bisa pergi kebengkel. Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai cara mengecek pulser motor yang rusak. Semoga apa yang kami jelaskan di atas bisa bermanfaat dan juga bisa membantun Anda smua-nya ketika saat terjadi kerusakan pada komponen pulser. Terima kasih atas kunjungan-nya.