Inilah Fungsi Main Jet & Pilot Jet Pada Sepeda Motor – Jika sebelumnya kami sudah membahas tentang Cara Merawat Ban Mobil Supaya Tetap Awet. Nah, kali ini otomotifstyle akan membahas lagi tentang Penjelasan Main Jet dan Pilot Jet Pada Motor. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di setip karburator pastinya terdapat jarum serta pelampung, namun terdapat juga part yang bernama main jet dan pilot jet. Berbicara mengenai fungsinya, baik itu main jet maupun pilot jet yakni part di dalamnya yang dipakai untuk mensuport tugas pertama dari sebuah karburator. Ketika saat mesin di hidupkan atau di starter, maka suplay bahan bakar akan di alirkan lewat pilot jet, hingga putaran mesin menengah, sehingga pasokan bahan bakar tersebut masih mengandalkan part tersebut. Kemudian bisa juga dibilang bahwa part tersebut menolong motor untuk berakselerasi pada putaraan bawah sampai menengah. Oleh sebab itu, tidak jarang untuk menghasilkan beritan yang galak pada putaran mesin bawah, lalu ukuran pilot jet di setting ulang? Namun bagaimana untuk menentukan bahwa ukuran pilot jet telah pas atau cocok?

Caranya sangat mudah, sesudah pilot jet standart di ganti dengan ukurannya dan ketika motor di bawah kebut, kemudian silahkan Anda lihat sisa pembakaran di ujung busi, apabila terdapat warna putih, hal ini yang menandakan suplai bahan bakar terlalu miskin. Hal ini apabila ukurannya terlalu kecil, nah, apabila ukurannya terlalu besar maka akan terlihat ketika grip gas di tarik spontan.

Inilah Fungsi Main Jet & Pilot Jet Pada Sepeda Motor

Selain itu, di sini mesin motor tidak akan bisa langsung meraung di putaran rendah ketika sesudah grip gas di buka. Namun apabila putaran mesinnya mulai sesuai dengan menyuplai bahan bakar, maka mesin akan menjadi lebih  stabil. Hal ini terjadi sebab pada RPM rendah, penyuplaian bahan bakar terlalu banyak atau kaya.

Tak hanya itu saja, main jet juga merupakan sebuah part pendukung karburator untuk mensuplai bahan bakar ke  ruang bakar.Walaupun fungsinya sama akan tetapi ukuran main jet akan bekerja mengalirkan bahan bakar ketika putaran mesin telah berada di tengah hingga di atas. Saat Anda mengaplikasikan knalpot aftermarket untuk meningkatkan performa mesin pada motor, biasanya para mekanik akan menyarankan untuk mengganti ukuran main jet nya. Hal ini supaya dapat menghasilkan suplai bahan bakar yang cocok atau pas, ketika RPM mulai bekerja di putaran menengah sampai ke atas.

Main Jet

Sedangkan untuk mendapatkan sebuah ukuran yang pas, dibutuhkan perhatian khusus. Apabila sudah kelar, maka dari itu silahkan Anda ganti main jet dan ketika motor di bawah dengan kecepatan yang tinggi maka akan terdengar suara menjerit, maka sudah dipastikan bahwa ukuran main jet ini kekecilan. Hal ini yang membikin motor tidak maksimal dalam performanya. Namun lebih baiknya lagi, apabila ukuran main jet terlalu besar maka akan menyebabkan mesin menjadi brebed ketika putaran diatas. Hal ini diakibatkan sebab penyuplaian bahan bakar yang terlalu kaya atau banyak.

Mungkin itulah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai Fungsi dari Main Jet & Pilot Jet pada sepeda motor. Semoga apa yang kami jelaskan diatas bisa bermanfaat, dan jika ada salah kata-kata yang tidak sopan atau tak berkenan di hati Anda kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih