Cara Mudah Menguras Tangki Bahan Bakar Sepeda Motor – Supaya perfoma sepeda motor kita tetap terjaga, maka proses perawatannya pun dimulai dari hal yang sepele dulu, seperti halnya membersihkan tangki bensin motor yang merupakan sebuah cara yang harus kita lakukan. Sebagai tempat media untuk penampungan sumber tenaga motor, maka tangki bensin mempunyai peran yang sangat vital. Apabila terdapat masalah, tentunya akan berimbas pada kinerja motor tersebut. Dan di dalam tangki bensin motor tersebut, tidak cuma terdapat bensin saja, namun ada juga udara, uap bensin, dan mungkin ada benda-benda yang tidak sengaja masuk. Udara serta uap bensin pada tangki bakal menjadi embun.

Cara Mudah Menguras Tangki Bahan Bakar Sepeda Motor

Selain itu, embun ini lah yang nantinya lama-kelamaan akan menimbulkan kerak dan juga menyebabkan korosi ataupun karat dalam bensin tangki motor Anda. Apabila tangki bensin motor dibiarkan begitu saja dengan karat di dalam tangki motor tersebut, maka dalam jangka waktu akan menyebabkan kebocoran pada tangki dan kemungkinan tidak bisa menutup. Maka dari itu, di butuhkan perawatan terhadap tangki bensin motor tersebut. Membersihkan kerak yang menempel pada tangki bensin motor tersebut, menjadi keharusan sebelum terjadinya kebocoran yang tidak kita inginkan. Nah tahukah Anda cara membersihkannya? Apabila Anda tidak tahu bisa Anda simak ulasannya berikut ini.

  1. Langkah yang pertama siapkan dulu kunci-kuncinya, seperti kunci shock nomor 10, obeng kembang min (-), dan wadah buat penampungan bensin seperti drigen atau ember.
  2. Apabila sudah disiapkan semua bisa Anda buka semua cover body mulai dari jok motor. Lalu buka baut tangki serta lepaskan satu persatu.
  3. Selanjutnya bisa Anda copot jarum pelampung tersebut menggunakan obeng min (-). Lalu arahkan obeng min (-) ke bagian yang menonjol sedikit, berikutnya palulah sedikit demi sedikit hingga bergeser.
  4. Kemudian angkat tangki motor tersebut dan tuangkan semua bensin pada ember atau drigen.
  5. Berikutnya jangan lupa Anda lepaskan selang yang emang menghubungkan tangki motor dengan filter bahan bakar.
  6. Sesudah itu bisa Anda bersihkan dengan menggunakan kompresor, jika tersumbat di ujungnya maka bisa Anda tusuk dengan menggunakan kabel tembaga.
  7. Setelah itu tuangkan bensin sedikit saja lalu masukan kelereng, kemudian silahkan Anda kocok tangki motor tersebut sampai air bensin keruh. Dan lakukanlah hingga berulang-ulang kali sampai bensin jernih.
  8. Apabilah air bensin masih keruh, silahkan Anda bersihkan lagi sampai air bensin benar-benar bersih jika masih ada karat bisa Anda bersihkan dengan menggunakan sikat gigi.
  9. Jika sudah bersih bisa Anda keringkan tangki tersebut menggunakan kompresor.
  10. Apabila sudah kering, bisa Anda pasang lagi tangki motor tersebut seperti semula kemudian isi dengan bensin yang tadi Anda tuangkan ke ember.
  11. Selesai

Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Mudah Menguras Tangki Bahan Bakar Sepeda Motor. Semoga apa yang kami jelaskan di atas bisa bermanfaat dan juga bisa membantu Anda yang saat ini sedang mencari referensi. Terima kasih atas kunjungannya