Cara Mudah Mengganti Minyak Rem Mobil Dengan Benar – Minyak rem di dalam sebuah kendaraan bermotor atau mobil berfungsi sebagai penerus gaya tarik dari tuas penekan ke kaliper untuk menekan kanvas rem (pad). Selain itu, berbagai macam sistem komponen rem bekerja sama dan saling menghubungkan satu dengan yang lain di dalamnya, termasuk minyak rem. Minyak rem merupakan sebuah cairan organik yang mungkin tidak dapat larut ataupun tercampur dengan air. Meskipun daya tahan dari minyak rem ini cukup lama, akan tetapi perlu dilakukan pergantian di setiap tahunnnya, supaya komponen yang satu ini tetap terjaga. Biasanya daya tahan minyak ini ialah 1 sampai 2 tahun.

Cara Mudah Mengganti Minyak Rem Mobil Dengan Benar

Minyak rem mempunyai peran yang sangat penting di dalam sebuah sistem pengereman, biasanya keberadaan komponen yang satu ini berfungsi sebagai pelumas di dalam komponen logam yang mungkin bergesekan untuk dapat menghentikan laju kendaraan agar logam tersebut tidak cepat aus, tahan panas, dan tidak berubah bentuk di suhu yang tinggi. Minyak rem sangat berguna untuk mengontrol kecepatan hingga berkendara. Dan juga bisa menahan kendaraan ketika Anda sedang berparkir dan juga bisa berhenti pada jalan yang menurun atau menanjak.

Nah apabila minyak rem bermasalah, maka akan menyebabkan proses pengereman dan juga part mental di dalamnya, sehingga pada saat bergesekan bakal membikin part di dalam sistem pengereman cepat aus dan mudah rusak. Dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan cara mengganti minyak rem dengan yang baru, nah apabila Anda masih bingung bisa Anda simak ulasannya berikut ini.

Cara Mudah Mengganti Minyak Rem Dengan Benar

  1. Langkah yang pertama sebelum Anda mengganti minyak rem, silahkan Anda buka terlebih dahulu tutup reservoir ataupun tabung cadangan-nya.
  2. Selanjutnya bisa Anda kendorkan baut nepel yang menempel pada kaliper.
  3. Sesudah itu letakan wadah dibawahnya untuk menampunng minyak rem tersebut.
  4. Setelah itu apabila minyak rem sudah keluar semua, bisa Anda kencangkan kembali dengan baut nepel.
  5. Berikutnya silahkan Anda isikan minyak rem yang baru dari reservoir.
  6. Selanjutnya jika sudah lakukan proses bleeding bikin membuang udara dari dalam sistem.
  7. Lalu untuk proses bleeding dilakukan dengan cara menekan pedal rem sampai berulang-ulang kali, lalu ditahan dengan menggunakan tangan.
  8. Kemudian dengan keadaan pedal rem di tahan bisa Anda kendorkan baut nepel sehingga udara akan keluar.
  9. Sesudah itu lakukanlah proses ini sampai berulang-ulang kali hingga tidak ada lagi gelembung udara.
  10. Selesai.

Baca juga : Trick Cara Mudah Memasang Amplifier Pada Mobil

Sekian ulasan yang bisa kami sampai mengenai Cara Mudah Mengganti Minyak Rem Mobil Dengan Benar. Semoga apa yang kami jelaskan diatas bisa bermanfaat dan juga bisa membantu Anda ketika Anda kesulitan dengan komponen yang satu ini. Terima kasih atas kunjungannya