Inilah Cara Mengganti Coolant Air Radiator Yamaha NMAX РSelamat berjumpa kembali dengan website yang selalu memberikan informasi terbaru tentang seputar dunia otomotif. Maka pada perjumpaan kali ini kami dari salah satu admin akan membagikan Tips Cara Mengganti Coolant Air Radiator Yamaha NMAX. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Yamaha NMAX adalah salah satu produk pertama motor skutik yang bermesin Liquid Cooled dengan konsep Blue Core. Yamaha NMAX merupakan salah satu pilar dari 3 pilar utama Blue Core adalah untuk meningkatkan efesien pendinginan mesin. Motor Yamaha NMAX sendiri adalah sebuah jawaban bagi para pencinta otomotif yang ingin mempunyai motor matic powerfull dan lain dari motor matik yang sudah ada. Oleh karena itulah menarik untuk mengetahui apa direferensi yang dilakukan oleh Yamaha NMAX pada sistem pendingin Yamaha NMAX ini…cekidot. Namun untuk perjumpaan kali ini kami tidak akan membahas lebih jauh lagi mengenai spesifikasi yang dibawakan oleh Yamaha NMAX melainkan hanya cara mengganti coolant atau air radiator Yamaha NMAX.

inilah-tips-cara-mengganti-coolant-air-radiator-yamaha-nmax

Mungkin kita sudah tahu bahwa air radiator pada salah satu kendaraan bermotor pastinya mempunyai peran begitu penting. Di sistem motor skutik berpendingin cairan biasanya sebut saja Yamaha GT125 atau Xeon RC cairan pendingin (Coolant) yang sudah panas karena suhu di ruang bakar, dipompa untuk mengalir dari water jacket dimesin yang menuju radiator pendingin yang nantinya bakal di dinginkan juga menggunakan kipas. Dimana fungsi dari radiator sendiri ialah untuk menyerap panas dari mesin melalui cairan atau coolant yang mengalir disetip water jacket yang terdapat dikepala slinder dan slinder.

Cairan yang di dinginkan oleh radiator akan mengalirkan kembali masuk melalui ke water jacket mesin untuk menjaga suhu diruang bakar slinder terjaga, dengan aliran bolak balik ini dilakukan semenjak sepeda motor dihidupkan sampai sepeda motor dimatikan. Maka dari itu, melihat betapa pentingnya keberadaan air radiator kita perlu mengecek air radiator secara berkala, apabila air atau coolant berkurang silahkan tambahkan lagi agar radiator bisa bekerja dengan maksimal.

  1. Sedangkan untuk langkah yang pertama bisa Anda lepaskan dulu baut cover yang ada pada Yamaha NAMX dengan menggunakan kunci T8. Apabila sudah, silahkan Anda bisa membuka penutup radiator atas dan lepaskan baut exshaus atau pembuangan air radiator yang terdapat dibagian bawah dengan memakai obeng kembang (obeng plus), putarlah counter-clockwise yang ada.
  2. Dan untuk langkah yang kedua silahkan tampung coolant lama pada wadah agar tidak mengotori lingkungan, lalu periksa apakah air radiator sudah terbuang semua. Namun untuk coolant di dalam tabung reservoir tidak akan terbuang, karena letaknya yang berbeda dari radiator.
  3. Kemudian supaya Anda bisa membuang coolant pada tabung reservoir, silahkan buka selang tabung reservoir tersebut di bagian bawah, caranya bukalah cover board rest atau lebih dikenal pijakan kaki, dan terdapat 4 clipper yang bisa dibuka memakai obeng kembang (obeng plus). Setelah itu tusuk bagian tengah pada komponen clipper dan tarik hingga terlepas. Sesudah itu, Anda bisa melihat tabung reservior dan silahkan copot selang dengan membuka penjepit selang tersebut dengan tang.
  4. Sesudah itu lepaskan karet untuk alas pijakan kaki serta cover penutup dan karet penutup tabung reservoir dengan cara ditarik ke atas hingga terlepas semua.
  5. Selanjutnya apabila air radiator atau coolant pada tabung reservoir dan radiator sudah terbuang semua. Jika sudah, Anda bisa memasang lagi baut penutup pada lubang pembuangan radiator dan pasangkan lagi selang di tabung reservoir tersebut.
  6. Setelah itu silahkan Anda bisa mengisikan cairan coolant baru sampai akan terisi penuh, jangan sampai tumpah dan kebanyakan.
  7. Berikutnya pasang lagi penutup karet cover tabung reservoir dan karet pijakan kaki bawah seperti semula.
  8. Lalu hidupkan mesin sambil membiarkan radiator terbuka dan lihat batas ketinggian dari cairan radiator pada bibir radiator-nya. Apabila tak berkurang atau malah meluap, maka langsung matikan mesin motor dan tutup rapat radiator-nya.
  9. Kemudian untuk yang terakhir Anda bisa memasang kembali bagian-bagian yang sudah di lepaskan tadi seperti semula.
  10. Lalu selesai deh.

Nah, mungkin itulah yang bisa kami sampaikan mengenai cara mengganti cairan coolant air radiator Yamaha NMAX, semoga apa yang kami jelaskan diatas bisa bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya