Trik Cara Memasang Piston Honda Tiger Dengan Mudah

Trik Cara Memasang Piston Honda Tiger Dengan Mudah – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa naik dan turunnya piston pada bagian blok slynder sebuah kendaraan, merupakan salah satu gesekan atau tekanan dari piston tersebut. Jika dilihat dari prosesnya sendiri, bahwa kedua piston kanan dan kiri akan menerima tekanan yang berbeda satu sama lain dari stang piston, pasalnya disebabkan oleh gaya putar dari kruk as. Maka dari itu, Anda perlu memahami betul tentang cara memasang piston motor, khususnya pada piston lawas seperti pada piston milik Honda Tiger varian terdahulu. Pasalnya untuk varian Honda Tiger lawas, terdapat jarak titik tengah lubang pin yang menuju sisi luar piston atau (offsite), lain halnya dengan piston yang dimiliki oleh motor terbaru masa kini. Sedangkan untuk varian piston lama, terdapat lubang pin yang cenderung menuju ke arah lubang exhaust atau lubang buang.

tips-cara-memasang-piston-honda-tiger-dengan-mudah

Hal tersebut bertujuan supaya nantinya pin piston dan pin kruk as tidak searah atau tidak sejajar. Sehingga membikin proses pembakaran ruang nantinya, bahwa piston dan kruk as bisa berputar kembali secara optimal dan tanpa masalah atau hambatan. Jika kalau salah dalam memasang piston atau malah piston terbalik, maka efek yang ditimbulkan nantinya akan membikin power mesin menurun walau sudah gas ditarik dengan maksimal serta mesin akan mengeluarkan suara yang tidak enak ketika mesin dinyalakan.

Agar lebih mudah pada saat memasang piston, khususnya untuk pengendara Honda Tiger lama, pihak pabrikan Honda sendiri telah memberi tanda atau coakan pada permukaan piston tersebut. Biasanya tanda yang diberikan bisa berupa tulisan IN atau coakan tanda panah. Dan untuk piston dengan tanda tulisan IN tersebut mengarah pada lubang intake atau masuk. Dan pada piston bertandah panah, maka arah tersebut menuju ke lubang exhaust (lubang buang).

Advertisement

Namun tidak jarang juga, piston kehilangan tanda panah akibat gesekan dengan bor tunner ketika saat motor digeber. Apalagi motor tersebut mungkin sengaja disetel untuk mengikuti balapan. Akan tetapi banyak diantranya para mekanik motor yang memainkan tinggih rendahnya suatu posisi dari kubah piston atau dome, hal tersebut bertujuan supaya bisa seimbang dengan kompresi dan tidak tertahan diklep.

tips-cara-memasang-piston-pada-honda-tiger

Nah, bagi Anda yang memang belum paham betul tentang cara memasang piston pada Honda Tiger, maka dari itu tinggal lihat coakan yang ada dipermukaan pistonnya, cara tersebut terbilang mudah karena coakan atau tulisan IN dan tanda panah tanda mengusung ukuran atau dimensi berbeda satu sama lainnya. Hal tersebut memang disengaja untuk menyesuaikan dengan ukuran dari payung klep yang ada. Lalu kini Anda sudah bisa memasang piston sendiri, untuk menentukan arah kepala piston dengan coakan atau tanda besar ke lubang intake bahan bakar, biasanya memang menghadap pada lubang masuk tersebut.

Mungkin cukup sampai disini dulu perbincangan kita kali ini mengenai Cara Memasang Piston Honda Tiger Dengan Mudah. Semoga apa yang kami jelaskan diatas bisa bermanfaat dan juga bisa membantu Anda semua. Terima kasih atas kunjungannya

Incoming search terms:

  • cara pasang ring piston tiger
  • cara pasang piston tiger
  • cara memasang piston ke blok
  • cara pasang ring piston tiger 2000
  • cara pasang seher tiger
  • cara pasang Ring piston motor tiger
  • Cara pasang ring piston honda tiger
  • posisi pemasangan ring piston megapro
  • cara pasang reng piston tiger
  • cara memasang seher tiger
Trik Cara Memasang Piston Honda Tiger Dengan Mudah | carli | 4.5