Cara Mengatasi Rantai Keteng Kamrat Supaya Tetap Prima

Cara Mengatasi Rantai Keteng Kamrat Supaya Tetap Prima – Pada kesempatan kami akan memberikan sedikit informasi berkait tentang cara mengatasi rantai keteng supaya tetap awet, yang mana nantinya cara ini bisa Anda gunakan sebagai sarana alternatif untuk motor Anda. Menurut kata Kang Juwono sang pemilik bengkel Delta Motor, Paku Jaya Serpong Tanggerang, suara berisik tersebut bisa diakibatkan karena rantai keteng kendur atau yang biasa disebut kamrat. Sedangkan rantai nama asingnya yaitu Timing Chain. Kendurnya rantai keteng itu bisa menyebabkan efek kondisi fatal namun tidak berpengaruh pada performa mesin motor tersebut, melainkan bagian dalam mesin akan rusak. Bila itu terjadi maka biaya juga akan jadi mahal, oleh karena itu untuk memahami rantai keteng alangkah baiknya Anda luangkan waktu Anda sejenak untuk memeriksa rantai keteng yang kendur cara kerja dan mengtasinya bila itu terjadi masalah merupakan hal yang harus kita wajib ketahui oleh sang pemilik motor tersebut. Lantas apa saja? Berikut ini penjelasannya:

Gambar Modifikasi Honda CBR

  1. Penyebab Kerusakan

Kemudian seiring pemakaian yang semakin terus menerus selama tiga atu lima tahun akan menyebabkan peranti itu aus. Akan tetapi beberapa perlakuan yang salah terhadap motor tersebut akan turut memicu terjadinya kerusakan pada bagian dalam mesin. Selain itu, perlakuan yang salah itu antara lainnya, suhu mesin yang kerap panas melebihi standart pabrikannya, putaran mesin yang tinggi karena motor sering dipacu untuk balap, dan penggantian oli yang sering terlambat. “Bila hal itu terjadi maka rantai juga akan melar serta kendur, akibatnya akan menimbulkan suara berisik. Bahkan dalam kondisi ekstrem putus atau pun rontok kesetika.

  1. Cara Medeteksi

Untuk cara mendekteksi masalah ini sejatinya cukup mudah ko !. Cara yang paling tepat adalah panasi motor Anda pada pagi hari serta terdengar apakah ada suara tek, tek, tek, tek, tek,..apakah tidak, bila suara tersebut dalam waktu 10 samapai 15 menit sudah hilang berarti proses pelumasan yang bermasalah pada bagian mesin. Artinya kualitas oli sudah jelek, dan sehingga harus diganti.

Advertisement

Akan tetapi bila suara itu lebih dari 15 menit suara belum hilang maka berarti rantai atau tensionernya yang bermasalah. Adapun cara untuk mencegah permasalahan ini adalah selain rajin mengganti oli dan jangan mengangkut beban yang lebih berat ataupun melebihi kapasitas toleransi pabrikan. Selain itu, gunakan teknik mengendara yang benar dan baik, terutama dikala melibas jalanan yang menanjak dengan tingkat sudut kemiringan yang lebih besar.

  1. Rantai Keteng

Sedangkan untuk rantai keteng alias rantai kamrat ataupun yang disebut timing chain merupakan rantai yang menerima putaran dari crankshaft pada Putaran tersebut yang digunakan untuk menggerakkan chamshaft di kepala silinder tersebut.
Chamshaft merupakan salah satu peranti yang berfungsi untuk mengatur beberapa klep di mesin. Sedangkan klep tersebut terdiri dari klep untuk gas masuk maupun yang keluar ke dalam ruang bakar mesin. “Sehingga bila rantai keteng itu rusak maka proses bukan tutup klep juga akan tidak sempurna serta pembakaran pun tidak akan berjalan sempurna.

  1. Pergantian Rutin

Sedangkan selain rutin melakukan pemeriksaan, yakni minimal satu tahun sekali dan disarankan juga untuk mengganti oli secara rutin serta tepat waktu. Dan bila Anda ragu, bawalah motor Anda ke bengkel terpercaya serta sudah kenal baik dengan Anda. akan tetapi sebelum Anda membawanya ke tempat bengkel tersebut alangkah baiknya Anda sudah paham dengan seluk beluk tentang rantai keteng tersebut. “kemudian biar tidak dikelabui oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dalam pengerjaan tersebut.

Gambar Cara Mengatasi Rantai Keteng Kamrat

“Saran Kang Juwono. Selain itu, bila motor Anda merupakan salah satu motor yang berjenis menggunakan tensioner, maka pahami juga pada bagian tensionernya. Tensioner merupakan salah satu peranti yang mengatur untuk ketengangan rantai tersebut. Hal ini perlu Anda perhatikan, pasalnya dalam beberapa kasus ini ternyata rantai keteng tersebut tidak lah mengalami masalah, serta yang bermasalah hanya pada bagian tensionernya. Bila itu terjadi, maka hanya cukup menyetel ulang tensioner tersebut. Akan tetapi, bila keduanya-baik rantai ataupun tensioner-sudah aus, alangkah baiknya Anda harus mengganti semuanya.

Namun Anda harus ingat ketika Anda mengganti satu set alangka baiknya Anda harus mengganti semuanya serta menggunakan suku cadang yang asli supaya terjamin kualitasnya. Mungkin itu saja penjelasan dari kami yang mengenai cara mengatasi rantai keteng supaya awet. Mungkin dengan adanya artikel di atas bisa membantu Anda ketika merawat rantai keteng. Terima kasih atas kunjungannya.

Incoming search terms:

  • rantai keteng
  • rantai kamprat
  • cara menyetel rantai keteng
  • rante keteng
  • rantai kamrat
  • cara menyetel rantai kamprat motor
  • rantai timing
  • cara menyetel rantai keteng supra fit
  • cara menyetel rantai kamprat
  • Rante kamprat
Cara Mengatasi Rantai Keteng Kamrat Supaya Tetap Prima | carli | 4.5