Inilah Cara Membeli Motor Bekas Supaya Tidak Tertipu

Inilah Cara Membeli Motor Bekas Supaya Tidak Tertipu – Mempunyai dana yang minim menjadi salah satu kenapa kita membeli motor bekas. Yapz, motor bekas merupakan sebuah alternatif bagi kita untuk mempunyai-nya, karena dengan dana yang minim kita juga bisa mengendarai-nya. Akan tetapi ketika kita membeli sebuah motor bekas yang berkualitas tak semudah yang kita bayangkan. Karena pada dasarnya, calon pembeli kerap kali tertarik dengan tampilan serta harga murah. Akan tetapi untuk meminang-nya kita di perlukan ketelitian jeli supaya tidak merasa di rugikan si pembelinya. Jngan sampai Anda justru menyesal serta ketipu di kemudian hari. Nah, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan ketika membeli motor bekas.

Cara Membeli Motor Bekas Supaya Tidak Tertipu

Sebenarnya trik ini juga pernah di sampaikan oleh kepolisian RI (Republik Indonesia) yang menyarankan, bahwa bagi siapa saja yang ingin membeli motor bekas supaya berhati-hati serta jangan ceroboh. Nah untuk Anda yang ingin tahu cara trik membeli motor bekas yang baik, bisa Anda simak ulasan-nya berikut ini.

  • Periksa Harga Pasaran

Langkah awal sebelum Anda mencari motor bekas, alangkah baik-nya periksa terlebih dahulu harga pasaran dari type dan merk motor yang akan Anda beli nantinya. Biasanya di internet juga banyak informasi yang menyajikan sebuah harga bekas dari suatu motor.

Advertisement
  • Periksa Nomor Rangaka & Mesin Motor

Apabila telah mendapatkan informasi mengenai harga pasaran, kemudian silahkan Anda cari motor bekas yang ingin Anda beli. Jika sudah ketemu? Silahkan Anda cek nomoro rangka & mesin motor. Kemudian samakan dengan yang ada di BBKB.

  • Periksa Kondisi Fisik

Apabila nomor rangka-nya sudah tepat, silahkan Anda periksa kondisi fisik motor bekas tersebut. Lalu periksa juga kelengkapan-nya seperti kaca spion, baut dan lain sebagai-nya, jika ada kekurangan maka Anda ingat, karena itu akan di akumulasikan dengan harga nanti-nya.

  • Periksa Speedometer

Setelah itu periksa speedometer-nya, sejauh mana motor tersebut terbilang bekas. Apabila telah mencapai 20 ribu km lebih, maka biasanya ada komponen yang harus di ganti. Akan tetapi apabila masih di bawah 20 ribu kemungkinan hanya beberapa saja yang akan di ganti.

  • Periksa Kondisi Oli Motor

Selanjutnya periksa penggunaan dan kondisi oli motor, pastikan oli tidak kekurangan dan juga tidak berlebihan, karena itu bisa mempengaruhi performa dan suara yang keluar ketika motor tersebut di kendarai. Jika oli yang berlebihan biasanya akan menyebabkan suara yang berisik.

  • Nyalakan Mesin Motor

Sesudah itu silahkan Anda nyalakan mesin motor tersebut, kemudian periksa apakah bisa di langsam ataupun stationer. Karena kondisi mesin yang tidak bermasalah bisa di langsam pada putaran kurang lebih 1.500 rpm. Lalu periksa juga apakah ada suara bunyi yang menggangu atau tidak.

Apabila motor tersebut sudah sesuai dengan kriteria Anda, lalu silahkan Anda lakukan transaksi jual beli. Selain itu, usahakan jika Anda mau melakukan transaksi jual beli tersebut di tempat rumah Anda sendiri atau sperti di rumah penjual. Dengan begitu akan terhindar dari penipuan.

Transaksi jual beli

Jika motor bekas tersebut sesuai dengan kriteria anda silahkan anda lakukan transaksi jual beli. Usahakan jika anda melakukan transaksi tersebut di tempat seperti rumah penjual, atau rumah anda sendiri. Dengan begitu anda akan terhindar dari perihal tipu menipu.

Nah, itulah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Membeli Motor Bekas Supaya Tidak Tertipu. Semoga dengan adanya artikel ini Anda bisa terbantu dalam membeli suatu motor bekas. Terima kasih atas kunjungan-nya sampai jumpa lagi di pertemuan yang akan datang.

Incoming search terms:

  • cara memilih motor bekas ninja 250R agar tidak tertipu
Inilah Cara Membeli Motor Bekas Supaya Tidak Tertipu | carli | 4.5