Cara Merawat Mobil Diesel Supaya Tetap Prima

Cara Merawat Mobil Diesel Supaya Tetap Prima – Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa saat ini sudah banyak sekali masyarakat yang menyukai roda empat yang telah memakai teknologi mesin diesel. Seperti halnya Common Rail pada sistem bahan bakar, Turbo Charger untuk dapat menambah tenaga dan memperbaiki gas buang serta Exhaust Gas Recirculating (EGR) dalam sistem gas buang. Sedangkan untuk menjaga performa mesin diesel supaya lebih tangguh ketika Anda pakai, maka sudah sepatutnya Anda memperhatikan dan juga merawatnya supaya mesin diesel Anda tetap prima dan juga maksimal. Nah, bagi Anda yang penasaran ingin tahu bagaimana cara merawat mesin diesel supaya awat, bisa Anda simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Merawat Mobil Diesel Supaya Tetap Prima

Cara Mudah Merawat Mobil Diesel Dengan Baik & Benar

  • Sesudah itu lakukan juga cara tehnik pemanasan awal secukupnya sebelum sebelum kendaraan mobil diesel dipakai, supaya sirkulasi oli dapat tersebar ke semua komponen mesin turbocharger dan dapat berjalan dengan baik. Sebaiknya tidak langsung mematikan mesin terutama sesudah mobil dikendarai dengan kecepatan yang tinggi
  • Langkah yang pertama silahkan Anda gunakan solar yang berkadar sulfat rendah, khususnya untuk mesin yang masih menggunakan teknologi Common Rail. Kemudian untuk penggunaan solar yang berkadar sulfur rendah malah akan berpengaruh pada ketarikan yang mungkin lebih ringam dan suara mesin akan menjadi halus. Dengan begitu, maka yang keluar dari knalpot akan menjadi lebih bersih.
  • Setelah itu silahkan Anda lakukan juga pergantian filter solar mobil diesel Anda dengan secara rutin dan berkala. Sedangkan tujuannya agar solar yang masuk ke mesin selalu di filterisasi keadaan bersih, maka disamping itu tidak ada gangguan dari aliran bahan bakar yang mungkin masuk ke mesin.
  • Sedangkan untuk suhu dari kerja Turbo Charger sendiri mungkin sangat tinggi karena digerakkan oleh gas buang hasil pembakaran mesin, agar tidak overheat, dan dibutuhkan pendinginan yang lebih baik. Selain itu untuk pendinginan Turbo Charger sendiri masih menggunakan oli mesin. Kemudian apabila mesin mati, maka secara otomatis penyuplai’an oli akan menjadi terhenti dan pendingin pun juga ikut terhenti.
  • Selanjutnya silahkan Anda bersihkan saringan bahan bakar, apabila indikator saringan bahan bakar telah menyala. Ketika indikator tersebut menyala, maka akan menandakan adanya kotoran atau air yang menyumbat saringan bahan bakar. Apabila tidak segera dikuras, maka kotoran atau akan kemungkinan besar akan masuk ke sistem bahan bakar serta akan menimbulkan mesin bekerja tidak sempurna dan bahkan bisa terjadi mogok
  • Setelah itu silahkan Anda bersihkan juga saringan udara secara berkala dan rutin. Selain itu mesin diesel juga membutuhkan udara yang banyak supaya ketika pembakaran menjadi optimal. Apabila tersumbat, maka akan menyebabkan oli samping menjadi boros dan performa dari mesin akan menjadi menurun. Oleh sebab itu saringan udara mesti selalu bersih agar pembakaran menjadi lebih sempurna.
  • Untuk langkah yang terakhir silahkan Anda jaga supaya volume solar pada tangki bahan bakar supaya lebih dari sepertiga. Dan tujuannya agar tidak terjadi pengembunan pada tangki bahan bakar, disamping itu maka akan menyebabkan uap air yang akan bercampur dengan bahan bakar.

Baca Juga : Cara Mudah Menyetting Turbo Intercooler Dengan Baik

Mungkin itulah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Merawat Mobil Diesel Supaya Tetap Prima. Semoga apa yang kami jelaskan diatas bisa bermanfaat dan juga bisa membantu Anda semuanya. Cukup sekian dan terimakasih.

Advertisement
Cara Merawat Mobil Diesel Supaya Tetap Prima | carli | 4.5