Cara Kerja Sistem Kopling Manual & Kopling Otomatis

Cara Kerja Sistem Kopling Manual & Kopling Otomatis – Kopling (Clutch) adalah sebuah komponen pada kendaraan yang berfungsi sebagai meneruskan dan memutuskan putaran pada poros engkol ke transmisi (perseneling) ketika mulai atau mau menjalankan kendaraan atau merubah kecepatan kendaraan. Pada umumnya kopling yang digunakan pada sebuah kendaraan sepeda motor adalah type kopling basah dengan plat ganda. Artinya kopling serta komponen lain-nya terendam oleh minyak pelumas dan terdiri dari beberapa plat kopling diantaranya adalah.

Cara Kerja Sistem Kopling Manual Dan Kopling Otomatis

Sedangkan cara kerja sistem kopling itu sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni :

  1. Kopling otomatis
  2. Kopling mekanis

Sedangkan untuk cara kerja dari dua jenis kopling itu sangatlah berbeda ketika hendak memutus dan menghubungkan putaran poros engkol.  Bagian-bagian utama dari komponen kopling yaitu :

Advertisement
  1. Plat gesek
  2. Rumah kopling
  3. Plat kopling
  • Kopling Mekanis (Manual cluth)

Selain itu kopling mekanis sendiri ialah kopling yang cara kerjanya di atur oleh hadle kopling dengan cara menarik handle kopling ketika mau membuka atau memutus putaran dari poros engkol. Sedangkan untuk dudukan kopling yang terdapat pada poros engkol/kruk as (crankshaft). Seperti sepeda motor : Vespa,800,H70 dan lain sebaginya. Ada juga kedudukan-nya pada mainshaft (as primer) contohnya pada sepeda motor : Kawasaki, Yamaha, CB dan Suzuki. Kopling mekanis Jupiter MX 135 CC. Sedangkan untuk penggunaan kopling mekanis pada sepeda motor hanya digunakan pada sepeda motor type sport dengan kecepatan yang tinggi.

Untuk type kopling mekanis cara pengoprasian-nya ialah untuk membuka dan menutup kanfas kopling denga cara menarik kabel kopling yang dipasang pada handle sebelah kiri dan menghubungkan dengan tuas pengikat pada kabel ujung bawah. Sedangkan keuntungan menggunakan kopling mekanis ialah tarikan pada sepeda motor lebih responsif disetiap putaran dengan beban kendaraan disetiap medan yang berbeda. Kemudian segi perawatan dan ekonomis lebih hemat, karena pada kopling mekanis tidak memerlukan kopling otomatis sebagai peredam putaran dari poros engkol.

Sesudah itu, untuk penggantian suku cadang hanya berkisar di kabel kopling, pegas (per) kopling dan kanfas kopling. Lain hanya dengan sepeda motor yang menggunakan type kopling otomatis, selain memerlukan perawatan yang lebih dan biaya penggantian suku cadang yang lebih mahal dari kendaraan yang menggunakan sistem kopling mekanis.

  1. Selain itu, kopling mekanis terdiri dari beberapa bagian yakni :
  • Mekanis terdiri dari : Hadle

Handle merupakan sebuah tuas perantara untuk menekan dan membuka mekanisme kopling yang ada didalam meisn.

  • Tuas (Batang Penekan).

Tuas batang penekan berfungsi sebagai merubah gaya tarik dari inner cable atau (kawat kopling) yang menjadi gaya putar atau tekanan untuk mendorong atau menekan pen.

  • Tali kopling (kabel kopling)

Tali kopling berfungsi sebagai meneruskan tenaga mekanis ke batang penekan ketika hendle di tekan.

  • Pen pendorong (stut kopling)

Pen pendorong berhubungan langsung dengan tuas penekan dan plat penutup pegas kopling. Pada sepeda motor tertentu penempatan pen pendorong dari dalam mainshaft (poros utama/askopling) yang ditambahkan dengan sebuah bola baja (peloran). Biasanya pada sepeda motor jenis Yamaha yang menggunakan sistem kopling mekanis.

Baca Juga : Inilah Cara Mengatasi Bau Apek Pada Ac Mobil

Mungkin itulah ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai cara kerja sistem kopling manual dan sistem kopling otomatis. Semoga dengan adanya artikel diatas bisa bermanafaat dan juga bisa membantu Anda yang selama ini Anda cari. Terima kasih atas kunjungannya sampai jumpa lagi di lain waktu.

Incoming search terms:

  • cara kerja kopling manual
  • kopling manual
  • cara kerja kopling motor
  • cara kerja kopling manual dan otomatis
  • cara kerja kopling otomatis
  • jelaskan cara kerja kopling manual
  • https://otomotifstyle com/cara-kerja-sistem-kopling-manual-kopling-otomatis/
  • prinsip kerja kopling manual
  • cara kerja kopling manual motor
  • gambar kopling manual
Cara Kerja Sistem Kopling Manual & Kopling Otomatis | carli | 4.5